Senin, 09 Desember 2013

BIAH pembantu sarap



Rumah gw itu besar ya.

Dan nyokap gw itu suka kerja,

Gw oranngya berantakan,

Abang gw rapi Cuma rapiin kamarnya doang dan begitu juga mbak  gw.


Jadi bisa dipastikan bahwa rumah gw itu selalu berantakan.
Melihat hal itu sebenernya nyokap gw punya ide untuk memakai helper (ucapan lebih indah untuk pembantu) akan tetapi entah kenapa cerita pembantu ini selalu berakhir tragis.

Maksudnya bukan pembantunya disiksa loh.

Akan tetapi menurut gw pembantu di tempat gw itu rada-rada semua.

Yang pertama ada pembantu usianya 18an namanya gw lupa siapa kalo ga salah namanya sinta. Sebenernya dia ini cakep dan bisa dibilang eye catchcing akan tetapi entah karena dia ini selalu tergila-gila dengan drama FTV  dia mulai berpikir sebagaimana pola pikir FTV. Dimana jadi pembantu terus pacaran sama majikan. pembantu pacaran dan jadi istri direktur. Entah darimana pola pikir mana yang dianut oleh pembuat tuh FTV sehingga membuat pembantu gw punya pola pikir yang sama kaya gini. Dan majikan yang mau dia pacarin adalah gw.

Sumpah gw ga boong entah kenapa dia itu setiap sama gw ganjen banget.dari ngajak-ngajak bercanda sampe nanya udah makan atau belum? Udah tidur atau belum ? udah boker apa belum? Udah ngumpet belum?

Melihat gelagat helper gw akhirnya nyokap gw  mengambil inisiatif untuk memPHK si helper gw yang satu ini.

Ok lanjut lagi ke pembantu gw yang selanjutnya  namanya MBOK umurnya udah 60an sebenernya mbok ini ga ganjen ya. Karena serem juga kalo ganjen .#astagfirlouh

Akan tetapi karena mbok udah tua pekerjaannya jadi ga bener dan akhirnya banyak pekerjaan yang terbengkalai sebenernya ini ga bisa disalahin karena emang dia udah tua
Dan terjadilah peMHKan lagi terhadap pembantu gw

Entah kenapa setiap ada pembantu yang gagal nyokap gw selalu menambah kriteria dalam pencarian pembantu dan sekarang kriteria utamanya adalah ga cantik dan ga tua. Sebenernya gw udah ngomong ke nyokap gw “ya elah ma adit ga bakal jatuh cinta sama pembantu” tapi kata nyokap gw “adit namanya cinta itu bisa dateng kapan aja lagian gimana kalo dia make pelet ke kamu”set dah ternyata emak gw ini mikirnya selalu jauh kedepan ”yaudah terserah mama deh”

Dan akhirnya karena sifat perfectionis mama dalam memilih pembantu rumah sempet vacum dari pembantu selama 1 bulan dan itu bener-bener udah ga bisa dicontrol dimana rumah itu kayak abis dilakukan permainan jumanji. Kolor dimana-mana,  piring kotor numpuk, Bahkan gw rasa kalo ada maling yang lagi ngumpet disini juga ga bakal ketauan.

Akhirnya nyokap gw mengambil keputusan yang bijaksana melihat rumah yang kacau ini dengan mulai mencari pembantu lagi dan kualisifikasinya apa aja.

Dan akhirnya kita mendapatkan pembantu namanya biah.

Lebih spesifik pembantu baru

Lebih spesifik lagi pembantu baru yang gila

Biah dateng ke rumah gw saat gw lagi pergi ke kampus jadi gw pergi dalam keaadaan rumah yang kacao dan pas gw balik ternyata rumah gw udah dalam keadaan yang layak bisa dibilang rumah.
“Ma ini siapa yang beresin ?“tanya gw keherenan
“Ini ada pembantu baru”
Dan muncul lah sosoknya
Gw inget banget dia pake bajo ijo .
“Dalam hati gw Cuma bisa ngomong mama nemuin fosil hidup darimana” Cuma keinginan ini gw tahan karena gw ga ingin nyakitin hati nih orang kenapa gw bisa ngomong begitu karena emang badan dia bongkok , jidat lebar dan rambut keriting. Ya biah ini secara fisik  sebenernya diduga sebagai garis yang hilang dari teori darwin
Lalu nyokap gw pun ngomong “biah tugas utama kamu jaga dira ya”
“set mahluk ini jaga dira”

Akan jadi apa keponakan gw diajari oleh mahluk ini mungkin dia akan jadi seperti george jadi gedenya kalo marah gebuk-gebuk dada pikir gw.

“Mah yakin ma kata gw “

“Tenang aja kamu jangan menilai orang dari covernya”

Mendengar kata-kata itu akhirnya gw berpikir positif lagi dengan pembantu baru gw.
Dan bener ternyata dia emang rajin dan suka solat...

 tapi itu “awalnya”

Makin lama dia ga solat dan makin liar.
Seolah-olah kaya kera yang udah nyaman dengan habitatnya..
Naluri liarnya kembali lagi.
Dia mulai aneh-aneh.
Dari suka nyanyinya teriak-teriak
Yah pembantu gw ini suka banget nonton acara musik pagi  dan kalo udah suka sama lagunya biasanya dia nari-nari sambil nyanyi gitu ”suara... dengerkan lah aku apa kabarnya.. pujaan hatiku..” sambil joget-joget ga jelas.
Dalam hati gw Cuma bisa ngebatin

“astaga tuhan ini pembantu dari neraka tingkat berapa sih yang nyasar ke rumah gw”

Dan bagi orang awam yang dateng ke rumah gw.
Mungkin akan berpikir kalo yang dia lakukan adalah ritual pemangilan lucifer..tapi beruntung gw selalu bisa menjelaskan kalo dia itu adalah pembantu gw dan dia adalah manusia.
Makin lama kelakuannya ini akhirnya menjadi sebuah budaya baru bagi rumah gw
Dan budaya ini akhirnya juga nurun ke keponakan gw.
Yah 4 tahun dia berada di rumah gw dan keponakan gw juga niru gayanya dia dan setiap hari gw pasti ngelihat keponakan gw bisa joget aneh-aneh. dan gw bepikir anjrit keponakan gw akan jadi alay acara musik dimasa yang akan datang.
Akan tetapi lucunya adalah setiap hari keponakan gw selalu berantem dengan biah.
Yah dia selalu berantem mulu.
Kacau yah pembantu gw yang satu ini.
Akan tetapi walau dia mempunyai sikap aneh dan joget-joget ga jelas entah kenapa dia adalah pembantu gw yang bertahan paling lama yaitu 4 tahun. kadang gw suka bertanya sama nyokap gw kenapa biah yang paling awet ya ma.

“Hmm simple dit karena biah gajinya murah”

Lalu gw ketawa dengan nyokap gw

Gw tahu nyokap gw bercanda dalam hal ini. Mungkin kenapa biah yang ngebuat nyokap gw tetep memilih dia adalah karena dibalik sifatnya yang kurang ajar dan dibalik mukanya yang masih diantara garis batas manusia dengan mamalia. Ternyata dia mempunyai hati dan kerja yang bagus.

Yap dia selalu kerja rapi.
Dan dia sebenernya sayang sama dira walaupun keserigan berantem yah gw tahu karena terkadang ada coretan di mobil gw yang berdebu bertuliskan “DIRA CANTIK” atau “dira sayang mbak biah” gw tahu keponakan gw ga bisa nulis dan belum punya tinggi yang cukup untuk nulis di mobil.
Yah gw tahu itu biah. Jadi gw tahu bahwa dari prilaku yang buruk ada hati yang baik
Yah biah lu mungkin ga berwajah sempurna dan mempunyai kelakuan dibatas akal sehat manusia akan tetapi gw rasa keluarga puas dan bahagia dengan adanya lu.

Pesan moral
Yang namanya hidup itu lucu kadang lu ga tau sebenernya apa yang lu paling butuhin karena terkadang orang freak dan aneh aja kadang bisa ngisi salah satu fase dalam hidup lu.

6 komentar:

  1. Hahaha itu benaran nama pembantunya MBOK?

    BalasHapus
  2. sebenernya namanya itu ga tahu,,cuma emang dipangil mbok kalo dirumah..
    makasih dah baca ya

    BalasHapus
  3. Untung aja gak diperkosa sama mbak sinta haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya udah diraba-raba sebenernya tapi dalam bentuk foto itu udah termasuk pemekosaan bukan?

      Hapus
  4. hahahahaha... ada2 aja sih... emg dpt pembantu muda, ga enaknya itu pasti suka genit ;p..ato kalopun ga genit, dia jd kejaran co2 pekerja sekitar rumah...dan sumpah itu musingin juga ;p..

    Apalagi pas patah hati..gila deh, bawaan ampe pgn balik kampung SAAT ITU JUGA! dia kira kita bisa dptin pembantu baru hari yg sama apa -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang sering begitu mbak. makasih nih udah baca-baca blog saya seneng rasanya dibaca sama bloger traveling yang udah pro. hahahaha

      by the way fotonya jangan cakep-cakep mbak kalo traveling. bikin sakit hati aja kalo tahunya udah bersuami.
      hahaha

      Hapus